• UGM
  • IT Center
  • Perpustakaan Pusat
  • Research
Universitas Gadjah Mada Universitas Gadjah Mada
Pusat Studi Keamanan dan Perdamaian
  • Home
  • Tentang Kami
    • sejarah
    • Visi dan Misi
    • Profil Pengurus
      • Plt Kepala PSKP
      • Sekretaris
    • Profil Tim Ahli
    • Profil Peneliti
    • Profil Karyawan
    • Struktur Organisasi
    • Patner
  • Penelitian
  • Kegiatan
    • Workshop
    • Konferensi
    • Pelatihan
    • Diskusi
    • Advokasi
  • Publikasi
    • Buku
    • Jurnal
    • Monograf
    • Buletin
    • Buku Saku
    • Newslatter
    • Artikel
  • Ruang Pustaka
  • Beranda
  • Monograf
  • Monograf: Media Relations dan Resolusi Konflik di Perusahaan Migas: Studi kasus Sumbagsel

Monograf: Media Relations dan Resolusi Konflik di Perusahaan Migas: Studi kasus Sumbagsel

  • Monograf, Publikasi
  • 17 March 2017, 07.41
  • Oleh: Admin Jr
  • 0
main
klik image, untuk detil
sampul monograf
Seri Monograf CSPS Monographs on Conflict Management and Resolution
Seri No. 1, Paper No. 4 – Juni 2009
Penulis Masduki
Bahasa Indonesia
Konflik horizontal dan vertikal yang terjadi di ladang minyak  dan gas (migas) perusahaan nasional dan multinasional di Indonesia selalu menjadi santapan empuk media massa. Persoalan pembebasan lahan, kebocoran pipa gas dan atau sumur minyak, rekruitmen tenaga kerja hingga pembagian keuntungan menjadi isu sentral, ditengah ancaman keamanan lingkungan perusahaan yang menjadi kekhawatiran para pekerja setempat, termasuk pengambil keputusan dan praktisi hubungan masyarakat (public relations officer). Persoalan memahami, mengelola dan atau memulihkan hubungan perusahaan tambang dengan media massa lokal dan nasional menjadi pekerjaan berat bagi praktisi PR, manakala tidak ada jaminan keamanan seratus persen atas aktifitas eksplorasi, distribusi hingga pengelolaan sistem ketenagakerjaan.

Pemahaman yang tidak utuh atas eksistensi media massa di suatu daerah juga menyebabkan hubungan perusahaan Migas dengan pelaku media memburuk, terutama ketika terjadi konflik. Represi dan eksploitasi–meminjam istilah Svetlana Tsalik1 yang dilakukan media terhadap perusahaan Migas lebih banyak disebabkan oleh miskomunikasi dan minimnya wawasan keduabelah pihak (pelaku media dan PR) dalam memahami tugas masing-masing atas sebuah peristiwa atau isu krusial. Tulisan ini mencoba menguraikan dinamika media massa dan apa saja jalan keluar/strategi yang dapat ditempuh oleh pelaku PR di perusahaan Migas.

Download Monograf Seri No. 1, Paper No. 4 – Juni 2009 (PDF)
DOWNLOAD: Media Relations dan Resolusi Konflik Media Relations dan Resolusi Konflik (112.45 Kb)

Recent Posts

  • Buku : Dua Menyemai Damai : Peran dan Kontribusi Muhammadiyah dan Nahdlatul Ulama dalam Perdamaian dan Demokrasi
  • Buku : Pandemi, Konflik, Transformasi : Tantangan Demokrasi dan Inklusi Sosial
  • Buku : Agensi Perempuan Dalam Lingkaran Ekstremisme Kekerasan : Narasi dari Poso, Bima, Lamongan dan Deli Serdang
  • Serial Webinar Pusat Studi Keamanan dan Perdamaian (PSKP), UGM
  • [PEACE GOERS FESTIVAL-online] “Damai Itu Keren”
Universitas Gadjah Mada

PUSAT STUDI KEAMANAN DAN PERDAMAIAN
UNIVERSITAS GADJAH MADA

Sekip K-9 Yogyakarta 55281
email: ps.kp@ugm.ac.id
Telp./Fax : (0274) 520733

© 2017 CSPS Universitas Gadjah Mada

KEBIJAKAN PRIVASI/PRIVACY POLICY

[EN] We use cookies to help our viewer get the best experience on our website. -- [ID] Kami menggunakan cookie untuk membantu pengunjung kami mendapatkan pengalaman terbaik di situs web kami.I Agree / Saya Setuju